Dalam dunia handheld gaming PC, Asus ROG Ally dan Steam Deck telah menarik perhatian penggemar dengan spesifikasi yang tangguh dan desain yang memukau. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan kedua perangkat tersebut untuk membantu Anda menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi gaming Anda.

Desain dan Portabilitas:

Asus ROG Ally: Desain ramping dan ergonomis membuat Asus ROG Ally mudah dipegang dan nyaman untuk dimainkan dalam waktu lama. Dengan layar sentuh 7 inci dan kontroler yang terintegrasi dengan baik, perangkat ini menawarkan kombinasi kenyamanan dan portabilitas.

Steam Deck: Steam Deck memiliki desain yang lebih besar dan berat, tetapi juga menawarkan layar sentuh 7 inci yang dapat dilipat dan kontroler yang nyaman. Meskipun lebih besar, perangkat ini tetap relatif portabel dan dirancang untuk memberikan kenyamanan saat bermain.

Performa:

Asus ROG Ally: Ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dan GPU AMD Radeon RX 6800M, Asus ROG Ally menawarkan performa yang luar biasa untuk ukuran handheld. Dengan RAM yang besar dan kemampuan grafis yang tinggi, perangkat ini cocok untuk berbagai game AAA.

Steam Deck: Valve tidak main-main dengan performa Steam Deck. Ditenagai oleh prosesor AMD Zen 2 dan GPU RDNA 2, perangkat ini memberikan kemampuan menjalankan game-game modern dengan baik. Kehadiran kontroler terpisah dan dukungan penuh untuk perangkat input eksternal memberikan fleksibilitas tambahan.

Penyimpanan dan Kapasitas Baterai:

Asus ROG Ally: Menyediakan opsi penyimpanan SSD hingga 1TB, Asus ROG Ally memberikan fleksibilitas yang tinggi untuk menyimpan berbagai game dan aplikasi. Kapasitas baterainya juga cukup baik, memungkinkan bermain dalam waktu yang cukup lama sebelum perlu diisi ulang.

Steam Deck: Steam Deck hadir dalam beberapa varian kapasitas penyimpanan, mulai dari 64GB eMMC hingga 512GB NVMe SSD. Meskipun varian yang lebih tinggi memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar, semuanya dapat diperluas melalui slot kartu microSD. Kapasitas baterai yang memadai memberikan waktu bermain yang layak.

Harga:

Asus ROG Ally: Dengan spesifikasi tinggi, Asus ROG Ally mungkin memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa handheld gaming PC. Namun, penggunaan komponen berkualitas tinggi sebanding dengan performa yang diberikan.

Steam Deck: Valve menyajikan harga yang cukup bersaing dengan Steam Deck, membuatnya lebih terjangkau untuk banyak gamer. Opsi penyimpanan yang berbeda memungkinkan pemilihan harga yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Kesimpulan:

Kedua perangkat, Asus ROG Ally dan Steam Deck, memiliki keunggulan masing-masing. Asus ROG Ally menonjol dengan performa tinggi dan penyimpanan yang besar, sementara Steam Deck menawarkan harga yang lebih terjangkau dan dukungan yang baik untuk kontroler eksternal. Pilihan antara keduanya tergantung pada prioritas pribadi Anda, apakah itu performa, portabilitas, atau faktor ekonomi. Yang pasti, kedua handheld gaming PC ini menjanjikan pengalaman gaming PC yang sesungguhnya di genggaman Anda.

By admin

Related Post